Kamis, 04 Februari 2010

Stasiun Tambaksari

Salah, jika Anda mengira stasiun kereta api pertama di Semarang adalah Stasiun Tawang. Yang benar adalah stasiun Tambaksari, bahkan stasiun ini merupakan stasiun kereta api yang pertama di Indonesia. Stasiun kereta api ini didirikan karena pemerintah Belanda saat itu membutuhkan jalur dan sarana transportasi yang cepat, massal dan efisien untuk mengangkut hasil perkebunan seperti tebu dan kopi yang mulai berkembang pesat di daerah pedalaman.

Sejarah


Stasiun ini mulai dibangun pada tanggal 16 Juni 1864 ditandai dengan pencangkulan pertama oleh Gubernur Jendral Baron Sloet van de Beele. Sebagai penanggung jawab pengoperasian jalur ini pemerintah Belanda menunjuk Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij ( NIS ), yang kantor pusatnya sekarang dikenal dengan nama Gedung Lawang Sewu. Dan tepat pada tanggal 10 Agustus 1867 sebuah kereta api meluncur untuk pertama kalinya di stasiun Tambaksari. Merentang sepanjang 25 km dari Semarang ke Tanggung, melalui halte Alas Tuwo dan Brumbung.

Lokasi


Lokasi stasiun Tambaksari ini terletak di kelurahan Kemijen, tepatnya di ujung jalan Ronggowarsito, sekitar satu kilometer dari Kota Lama dan tidak jauh dari pelabuhan. Keadaannya saat ini sungguh menyedihkan karena dikepung oleh rob (air laut pasang) sehingga kita hanya bisa melihatnya dari kejauhan saja. Dan stasiun ini sudah tidak difungsikan lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar